Kamis, 15 September 2016

Indahnya Belajar Kelompok

Pada dasarnya di zaman sekarang yaitu di era modern yang serba canggih ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah juga semakin maju. Bukankah semakin majunya teknologi kegiatan belajar seharusnya juga semakin efektif. Namun jika kita lihat kenyataannya, dengan kemajuan ilmu teknologi dan informasi seperti sekarang ini para pelajar bukannya memanfaatkannya untuk kegiatan sekolah (untuk sekedar belajar) tetapi digunakan untuk memenuhi hasrat atau keinginan mereka dengan alasan sebagai hiburan. Hiburan memang diperlukan, tapi karena terlalu terobsesi dengan teknologi para pelajar menjadi lebih liar dan tidak memperdulikan pelajaran di sekolah. Akibatnya mereka hanya menjadikan sekolah sebagai formalitas dan rutinitas semata, berangkat dan pulang kembali. PR yang seharusnya dikerjakan dirumah malah dikerjakan disekolah, Tugas yang seharusnya dikerjakan secara kelompok justru memberatkan salah satu pihak. Inilah hal yang harus diperhatikan oleh para guru di sekolah.
Untuk mengatasi dan mengantisipasi terciptanya para pelajar yang tidak kompeten, tak jarang beberapa guru mengagendakan kegiatan belajar secara kelompok. Ya belajar kelompok, mungkin waktu SD justru belajar kelompok sangat ditekankan kepada para siswa. Jadi mereka yang mengindahkan masa-masa SD, tentu mereka akan mengingat akan hal itu. Banyak hal yang diharapkan para guru dengan diadakannya kegiatan belajar keelompok. Salah satunya yaitu untuk menghindarkan adanya ketidaksamaan atau ketidaksederajatan dikaalangan para siswa. Maksudnya yaitu tak sedikit para pelajar yang tidak begitu memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh Bapak/Ibu guru disekolah, karenya dengan adanya kegiatan belajar kelompok siswa yang awalnya tidak tahu akan menjadi tahu, siswa yang awalnya tidak mengerti akan mengerti dan siswa yang awalnya tidak paham akan menjadi paham.
Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka para guru berinisiatif bahwa dalam kegiatan belajar kelompok ini di masing-masing kelompok akan ada satu atau beberapa anggota manakala anggota terpilih tersebut diharapkan bisa membantu anggota lain yang belum bisa. Membantu dan berbagi ilmu adalah perbuatan yang sangat terpuji, beruntunglah orang-orang yang bisa mendapat kesempatan itu. Yang sudah paham membantu yang belum paham, yang sudah mengerti membantu yang belum mengerti, yang sudah tahu membantu yang belum tahu. Dengan ini terciptalah hubungan timbal balik dan interaksi diatara para siswa. Jadi, dengan adanya belajar kelompok tersebut kegiatan belajar mengajar disekolah menjadi lebih efektif.
Berikut adalah manfaat belajar kelompok : Meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahan pelajaran disekolah. Melatih para siswa untuk bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Dapat menumbuhkan rasa solidaritas diantara para siswa  Meningkatkan kekompakkan antar siswa Belajar kelompok dapat menjadi ajang saling berbagi dan bertukar wawasan dan pengetahuan.
Belajar kelompok tidak hanya bisa dilakukan disekolah tapi juga diluar sekolah. Seperti dirumah atau ditempat-tempat yang nyaaman untuk belajar. Hanya saja jika diluar sekolah, kegiatan belajar tidak akan bisa dipantau langsung oleh para guru. Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan kalau para siswa tidak akan belajar dengan sungguh-sungguh. Kepercayaan itu penting untuk bisa menjalin sebuah hubungan, begitupun hubungan antara murid dengan guru. Jika guru sudah menaruh kepercayaan dalam diri para siswanya, maka para siswa juga harus menjaga kepercayaan tersebut, begitupun sebaliknya.
Baiklah teman-teman sekian dahulu artikel yang saya posting. Kalaupun ada salah kata dalam artikel saya minta maaf, karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari yang namanya kesalahan. Dan apabila ada kesempatan insya Allah saya akan memposting artikel selanjutnya. Semoga walaupun sedikit tapi bermanfaat. Amin. : )
Salam penulis : Yuni Dwi Susanti

2 komentar:

Elegant Rose - Busy